Macam-Macam Atap Bondek Berdasarkan Ukuran dan Fungsi

atap bondek adalah material yang biasa digunakan sebagai pelapis bagian bawah cor
25 Feb

Macam-Macam Atap Bondek Berdasarkan Ukuran dan Fungsi

Atap bondek atau dikenal dengan istilah bondek saja adalah material yang biasa digunakan sebagai pelapis bagian bawah cor. Penggunaan bondek cukup populer akhir-akhir ini menggantikan pelapis yang terbuat dari triplek atau lapisan kayu. Tentunya, hal ini disebabkan karena bondek memiliki berbagai macam keunggulan termasuk diantaranya menjadikan proses pembangunan lebih cepat, hemat, dan efisien. Jika Anda tertarik untuk menggunakan bondek sebagai bangunan dari struktur rumah, pastikan untuk mengetahui ragam dan jenis bahan bagian ini berdasarkan ukuran dan fungsinya.

Macam-Macam Bondek Berdasarkan Ukuran

Terdapat banyak sekali varian ukuran bondek. Anda dapat memilih salah satu berdasarkan ukuran atap yang hendak dicor. Namun secara umum, ada 2 macam varian bondek berdasarkan ukuran, yaitu varian panjang dan lebar. Untuk varian panjang, ya, lapisan bondek yang diproduksi cenderung berbentuk panjang dengan ukuran paling sempit minimal 4 meter. Jenis bondek ini lebih efektif digunakan jika struktur bangunan Anda cenderung memanjang pula.

Sementara itu, ada pula atap bondek dengan varian lebar. Untuk varian yang satu ini, bondek cenderung bervariasi, bahkan tergantung dari penjualnya. Biasanya, ukuran bondek dijual mulai dari lebar 60 cm, 70 cm, 80 cm, dan seterusnya. Ukuran paling lebar rata-rata yang dijual di toko adalah 1 meter. Para penjual biasanya juga menyediakan tabel ukuran bondek untuk memudahkan pembeli dalam memilih barang. Pastikan Anda mengukur panjang dan lebar area terlebih dahulu untuk menentukan varian mana yang paling cocok.

Macam-Macam Bondek Berdasarkan Fungsi

Selain dilihat dari ukurannya, bondek juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada banyak jenis bondek berdasarkan indikator tersebut namun yang paling populer adalah Jenis Floordeck dan Ecodeck. Floordeck memiliki daya tarik tinggi sehingga dapat berfungsi ganda. Proses produksinya menggunakan sistem pengulangan searah. Secara tampilan dan kegunaan, bondek jenis Floordeck benar-benar mirip dengan triplek. Menariknya lagi, harga Floordeck juga lebih murah.

Sementara itu, ada pula bondek jenis Ecodeck. Ecodeck lebih tebal dan lebih mahal serta dianggap lebih ramah lingkungan. Ecodeck cocok digunakan pada bangunan-bangunan besar karena atap bondek yang satu ini biasanya dijual dengan ukuran yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *