Cara Menggunakan Ovulasi Test Strip Untuk Menentukan Masa Subur Istri

Ovulasi Test Strip
3 Dec

Cara Menggunakan Ovulasi Test Strip Untuk Menentukan Masa Subur Istri

Banyak orang yang kurang memahami mengenai kesehatan ibu dan ayah sesaat setelah menikah. Sedangkan harapan untuk memiliki momongan semakin tinggi. Nyatanya kesehatan rahim ibu dan kesehatan sperma ayah menjadi salah satu penentu terjadinya pembuahan pada istri agar segera memiliki momongan.

Selain itu, hal lain yang mempengaruhi tingkat kehamilan seseorang adalah masa subur dari ibu. Seorang perempuan yang melakukan hubungan di masa suburnya akan memiliki kemungkinan untuk hamil lebih besar karena pada masa ini indung telur akan lebih mudah dibuahi oleh sperma.

Jika berbicara mengenai masa subur atau masa ovulasi seorang perempuan, banyak orang yang masih menyepelekan hal ini dan tidak tahu cara menentukannya. Bagi mereka yang pernah mendapatkan pelajaran biologi atau pendidikan medis pastinya akan mengetahui kapan masa subur itu akan tiba karena nyatanya masa subur dapat ditentukan. Namun bagaimana bagi mereka yang masih awam terhadap penentuan masa subur? Ini dia solusi terbaik untuk Anda yang masih awam terhadap masa subur namun ingin segera mengetahuinya.

Anda bisa memanfaatkan adanya ovulasi test strip yang saat ini sudah bisa didapat di apotik maupun online shop. Cukup dengan mengeluarkan dana 2.000 rupiah, Anda bisa mendapatkan sebuah test strip. Alat ini dapat mendeteksi kapan tibanya masa subur dengan reaksi berupa perubahan warna yang terjadi. Hal ini diidentifikasi dari peningkatan Luteinizing Hormone atau LH yang cukup signifikan. Jika test strip sudah mengalami perubahan warna maka tak lama setelahnya atau sekitar 24 jam hingga 48 jam setelahnya merupakan masa ovulasi Anda. Biasanya masa ovulasi terjadi 12 hari sampai 6 hari sebelum masa haid berikutnya. Sebagai catatan, alat ini hanya bisa digunakan satu kali.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana cara menggunakan ovulasi test strip ini? Ini dia langkah mudah yang bisa Anda terapkan. 

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil sampel urine dan melakukan pengecekan antara pukul 08:00 hingga 20:00. Catatan yang perlu Anda pahami, jangan gunakan urine pertama di pagi hari. 
  • Tampung urine pada wadah kering dan bersih agar hasil lebih maksimal.
  • Ambil sebuah test strip lalu masukkan pada urine hingga batas maksimal.
  • Diamkan selama 30 detik kemudian ambil test strip dan letakkan pada di tempat yang bersih dan kering.
  • Anda bisa melihat hasil tes sepuluh menit setelah test strip diletakkan pada tempat dan bersih. Namun perlu Anda ketahui bahwa hasil tidak boleh dilihat dalam waktu lebih dari lima belas menit agar hasil tidak berubah.

Itu dia beberapa informasi mengenai ovulasi test strip yang perlu Anda ketahui demi meningkatkan kehamilan. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *