Perbedaan dan Persamaan Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum Nasional

Les Cambridge
19 Nov

Perbedaan dan Persamaan Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum Nasional

Les Cambridge bisa membantu Anda untuk mempelajari pelajaran dengan menggunakan standar internasional. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja perbedaan dan persamaan kurikulum internasional dengan kurikulum nasional, bisa anda ketahui di sinotif dan berikut ini adalah ulasannya.

Persamaan dari kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional

Persamaan dari kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional yang paling utama adalah tujuan yang dimilikinya. Kedua kurikulum ini bertujuan untuk membantu para siswa mendapat pendidikan yang terbaik sesuai dengan visi dan misi masing-masing kurikulum. Selain itu keduanya juga memiliki empat jenjang pendidikan meski masing-masing jenjang pendidikan tersebut diperuntukkan untuk usia yang berbeda-beda.

Perbedaan antara kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurikulum Cambridge dan kurikulum nasional memang memiliki rentang usia jenjang pendidikan yang berbeda-beda. Di Indonesia jenjang pendidikan terdiri dari jenjang pendidikan SD untuk anak usia 7 hingga 13 tahun, SMP untuk 13 hingga 16 tahun, SMA untuk 16-19 tahun, dan yang terakhir adalah pendidikan universitas untuk siswa dengan usia 19 sampai 23 tahun.

Selain itu masih ada juga perbedaan lain yang dimiliki oleh kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional dari jenis mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari. Pada kurikulum internasional yaitu kurikulum Cambridge, anak yang belajar hanya perlu mengambil mata pelajaran yang diminatinya saja. 

Tidak seperti di Indonesia dimana anak harus mempelajari semua mata pelajaran dan menentukan ketertarikannya ketika sudah mencapai perguruan tinggi. Selain jenis mata pelajaran yang diambil, perbedaan lain dari kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional bisa juga dilihat dari konten pendidikan yang dimilikinya.

Konten pendidikan dalam kurikulum Cambridge biasanya memang lebih menarik sehingga membuat para siswa menjadi lebih mudah dalam pembelajarannya. Hal inilah yang menyebabkan para guru dalam kurikulum Cambridge juga harus belajar mengenai cara memberikan materi agar lebih menyenangkan untuk para siswanya.

Les Cambridge untuk guru dan siswa

Saat ini sekolah yang telah menggunakan kurikulum Cambridge di dalam menyampaikan pendidikannya sudah sangat banyak. Ada lebih dari 200 sekolah di Indonesia yang telah menggunakan kurikulum Cambridge untuk menyampaikan pengajaran pada siswa-siswanya. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik baik belajar kurikulum Cambridge maupun ingin mengajar di sekolah yang memiliki kurikulum Cambridge, Anda bisa mempelajarinya melalui lembaga pendidikan non formal yang khusus menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum Cambridge ini.

Bagi siswa, les dengan kurikulum Cambridge bisa digunakan untuk membantu anak yang mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran atau sekolah di luar negeri. Tujuannya adalah agar nanti ketika mengikuti pelajaran di sekolah baru yang adalah ada di luar negeri anak menjadi lebih mudah beradaptasi.

Bagi Anda yang ingin anak Anda melanjutkan sekolah di luar negeri seperti di Harvard Cambridge atau yang lainnya, mengikuti les Cambridge juga akan sangat menguntungkan karena di sini anak tidak hanya akan belajar mengenai kurikulum Cambridge tapi juga belajar dengan menggunakan Bahasa Inggris sehingga bisa lebih membiasakan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *