Pahami Keuntungan dan Risiko Investasi Reksadana

Grafik
4 Feb

Pahami Keuntungan dan Risiko Investasi Reksadana

Berbicara mengenai investasi, kita sebenarnya diberikan beragam opsi investasi yang bisa kita sesuaikan dengan tujuan investasi kita. Salah satu jenis investasi yang bisa kita pertimbangkan adalah dengan cara memilih reksadana. Mengapa Anda perlu mempertimbangkan jenis investasi ini? Jenis investasi ini mempunyai beberapa keuntungan tentunya. Meskipun demikian, kita tidak boleh menutup mata akan risiko yang dimiliki oleh setiap jenis investasi karena memang setiap investasi pasti mempunyai risikonya masing-masing. Agar tak salah pilih investasi, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut mengenai keuntungan dan risiko reksadana berikut ini.

Keuntungan Investasi Reksadana

Ada alasan mengapa investasi berbentuk reksadana akhir-akhir ini sangat digaungkan. Banyak orang yang berpikiran bahwa investasi hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki banyak uang. Dengan modal yang banyak, Anda bisa memilih berinvestasi dalam instrumen apapun. Akan tetapi, dengan memilih investasi reksadana, Anda bebas memilih bentuk investasi tanpa harus khawatir akan kebutuhan modal dalam jumlah besar. Ya, Anda bisa melakukannya dengan modal yang sedikit. Coba bayangkan, bahkan ada produk investasi dalam bentuk reksadana yang bisa dilakukan hanya dengan minimum pembelian sebesar puluhan ribu saja. Setelah dana terkumpul melalui reksadana, manajer investasi bisa melakukan investasi dalam berbagai instrumen meliputi deposito, obligasi, maupun saham. Beberapa orang mungkin hanya bisa bermimpi bisa terlibat dan merasakan keuntungan dalam investasi pasar modal. Dengan reksadana, semua orang bisa melakukannya tanpa harus memiliki modal besar. Satu hal yang pasti, sebagai investor Anda tak perlu pusing dan repot dalam mengurus perkembangan investasi yang Anda lakukan karena hal ini akan ditangani oleh manajer investasi  profesional yang mempunyai pengalaman mumpuni dalam seluk-beluk pengelolaan dana.

Risiko Investasi Reksadana

Semua investasi pasti memiliki risiko. Justru Anda wajib curiga jika ada tawaran investasi tanpa risiko sama sekali. Anda juga akan menemukan risiko saat berinvestasi dalam bentuk reksadana. Salah satu jenis risiko yang bisa Anda temui dalam investasi reksadana adalah nilai unit penyertaan yang mengalami penurunan. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh penurunan harga surat berharga termasuk obligasi maupun efek saham yang termasuk dalam portofolio investasi Anda. Meskipun ada risiko investasi, dengan cara memilih reksadana untuk investasi, Anda memiliki manajer investasi yang akan mengelola investasi Anda dan meminimalisir risiko investasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi portofolio. Selain itu, melakukan investasi dalam bentuk reksadana juga harus siap dengan risiko likuiditas. Kesulitan ini bisa dihadapi oleh manajer investasi dan kondisi bisa terjadi saat sebagian investor reksadana melakukan penjualan kembali atau yang dikenal dengan istilah redemption atas unit-unit reksadana yang mereka miliki. Tak kenal maka tak sayang. Dengan mengetahui keuntungan dan risiko jika berinvestasi dalam bentuk reksadana, Anda bisa mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam investasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *