3 Cara Memilih Trampolin Anak yang Aman

Memilih bahan dan harga trampolin besar
23 Aug

3 Cara Memilih Trampolin Anak yang Aman

Trampolin anak memang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menyalurkan hobi bermain mereka. Tidak hanya bermain, anak juga akan mendapatkan banyak manfaat dengan melakukan permainan ini, mulai dari motorik, mental, hingga kesehatan. Namun, tentu saja permainan trampolin yang aman yang bisa menjamin semua manfaat tersebut. Lalu, trampolin yang bagaimana agar berfungsi maksimal serta aman saat digunakan buah hati Anda? Berikut ini cara memilih material hingga harga trampolin besar yang aman untuk si kecil.

  • Pilihlah yang mempunyai Pegas atau Karet Elastis

Saat ini, ada dua jenis trampolin besar yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau, yaitu menggunakan bahan pegas elastis (pegas logam) dan karet elastis (rubber band). Masing-masing jenis tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Anda perlu mempertimbangkannya benar-benar sebelum membelinya.

  • Kelebihan dan Kelemahan Pegas Elastis
  1. Lebih tahan lama.
  2. Jika rusak hanya mengganti pegasnya saja.
  3. Munculnya suara dari pegas yang dapat mengganggu konsentrasi anak maupun orang lain di sekitarnya.
  4. Mempunyai risiko kaki terjebak di antara pegas.
  • Kelebihan dan Kelemahan Karet Elastis
  1. Minim dari suara-suara mengganggu yang muncul dari alat.
  2. Lebih aman dari risiko kaki terjebak di dalam alat.
  3. Tidak tahan lama.
  4. Jika karet elastisnya rusak, harus membeli alat trampolin yang baru.
  • Pilihlah Sesuai Ukuran Ruangan

Saat ini, tersedia banyak ukuran dan harga trampolin besar. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan alat tersebut. Memang sulit untuk membayangkan kecukupan ruangan ini tanpa benar-benar memasukkan alat ke dalamnya. Namun, pada umumnya, trampolin besar dapat diletakkan di ruangan dengan ukuran 80 cm untuk diameternya dan tinggi 20 cm.

  • Pilihlah Kapasitas Beban Muatan yang Sesuai

Memilih trampolin juga harus disesuaikan dengan berat badan si kecil atau banyaknya anak yang akan memainkanya. Pilihlah yang mempunyai kapasitas muatan yang sesuai. Sebab, saat trampolin digunakan oleh banyak orang atau satu anak yang mempunyai berat badan lebih dari beban muatan alat, maka sudah dapat dipastikan alat menjadi cepat rusak. Dan, ini sangat berbahaya jika kerusakan terjadi pada saat sedang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *