Cetak Offset VS Cetak Digital

cetak offset
15 Jul

Cetak Offset VS Cetak Digital

cetak offset merupakan sebuah teknik cetak dengan memindahkan citra image dari plate ke lembaran karet berupa roll. Proses ini menggunakan tinta basah sehingga membutuhkan proses pengeringan setelah pencetakan selesai. Biasanya teknik cetak offset digunakan untuk mencetak produk dalam skala atau jumlah yang besar. Produsen cetak offset akan menentukan jumlah minimal cetak, semakin banyak mencetak maka akan semakin murah. Bisa dibilang teknik offset paling ekonomis, konsisten dan memiliki kualitas tinggi dibanding teknik percetakan lainnya.

Banyak orang membandingkan antara teknik percetakan offset dan digital. Keduanya jelas berbeda. Baik cetak offset maupun digital, keduanya akan sama-sama menguntungkan jika digunakan sesuai kebutuhan. Bila Anda membutuhkan produk cetak dengan jumlah sedikit, maka cetak digital adalah pilihan yang tepat. Harga cetak digital ditentukan secara konstan sehingga berapapun jumlah produk yang dicetak, harga satuannya tetap sama. Sedangkan jika Anda memerlukan atau akan mencetak produk dalam jumlah besar maka cetak offset menjadi rekomendasi yang tepat. Semakin banyak Anda mencetak, maka harganya akan semakin murah.

Dari sisi kualitas, baik digital print maupun offset memiliki keunggulannya masing-masing. Keduanya sama-sama mampu menghasilkan citra image yang berkualitas. Cetak digital print mampu menghasilkan ketajaman gambar dengan sangat baik. Kualitas desain yang dibuat akan sangat menentukan kejernihan, ketajaman dan warna gambar. Proses cetak digital dianggap cukup ramah lingkungan karena tidak menggunakan banyak tinta dan juga kertas.

Pada cetak offset, kualitas gambar hasil cetak juga akan sangat tergantung pada desain yang dibuat. Perlu diketahui format warna yang digunakan haruslah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Jika menggunakan format warna lainnya seperti RGB (Red, Green, Blue) dikhawatirkan gambar/font tidak terbaca pada mesin offset sehingga hasil cetak yang dihasilkan blank/ tidak ada gambar yang muncul. Hal inilah yang sering menimbulkan adanya miss font atau miss image pada hasil cetak. cetak offset mampu mencetak berbagai variasi cetak dalam ukuran besar. Ukuran kertas yang biasa digunakan adalah ukuran kertas lembar plano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *