Aktivitas yang Dikerjakan dalam Manajemen Gudang

Ilustrasi pemasukan barang ke dalam warehouse
7 Jun

Aktivitas yang Dikerjakan dalam Manajemen Gudang

Jika kamu seorang pengusaha yang bergerak di bidang bisnis digital atau online yang saat ini sering disebut e-commerce, pasti sudah tidak asing dengan istilah manajemen gudang e-commerce (e-commerce warehouse management). Berbeda dengan orang awam atau yang sedang mencoba untuk memulai bisnis e-commerce, mereka mungkin saja belum tahu apa itu manajemen gudang. Maka dari itu, di artikel ini akan dijelaskan sedikit tentang manajemen gudang serta aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya.

Manajemen gudang ini memiliki peran pentingnya sendiri yang paling penting adalah berkaitan dengan tempat penyimpanan barang sebelum dikemas dan dikirim pada pemesannya. Oleh karena itu, manajemen gudang memiliki sistem pencatatan untuk setiap barang yang masuk dan keluar. Manajemen gudang pun memiliki aktivitas atau pekerjaan-pekerjaan utama yang harus dikerjakan dan sangat penting dalam pergudangan. Mau tahukan apa saja aktivitas utama di manajemen gudang? Ulasan di bawah ini akan menjelaskannya. 

Manajemen gudang memiliki lima aktivitas utama yang sangat penting dan hampir setiap gudang dari bisnis e-commerce apapun melakukannya. Nah, inilah kelima aktivitas utama tersebut.

  1. Administrasi

Kegiatan administrasi dalam manajemen gudang di e-commerce ini dimaksudkan agar semua kegiatan atau aktivitas yang dikerjakan di gudang tercatat dengan baik. Hal ini karena kegiatan administrasi biasanya ada kaitan dengan pengeluaran dan pemasukkan dana dari perusahaan. Selain itu, adanya kegiatan administrasi tentu akan membantu memudahkan perusahaan dalam pengembangan produksi.

2. Penerimaan Barang

Penerimaan barang tentunya menjadi salah satu kegiatan utama dalam manajemen gudang. Kegiatan ini penting karena berkaitan tentang bagaimana barang tersebut masuk ke dalam gudang. Selain itu, kegiatan penerimaan barang harus benar-benar diatur karena penting bagi perusahaan untuk dapat melihat berapa besaran dana serta produk yang akan didapatkan. 

3. Penyimpanan Barang 

Dalam manajemen gudang, penyimpanan barang juga merupakan aktivitas yang paling penting. Hal ini untuk memastikan jika barang yang masuk di gudang tersimpan dengan aman. Selain itu, untuk menjaga barang agar tetap pada kondisi semula dan baik.

4. Pengemasan Barang / Packing

Aktivitas utama di manajemen gudang selanjutnya adalah pengemasan barang. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga barang agar tetap dalam kondisi baik dan aman hingga sampai ke pembeli atau konsumen. Pengemasan barang haruslah sesuai dengan aturan manajemen gudang perusahaan e-commerce itu sendiri.

5. Pengeluaran Barang

Kegiatan pengeluaran barang merupakan tata cara bagaimana barang tersebut keluar dari gudang dan dikirim ke konsumen. Pengeluaran atau pengiriman barang ini harus tercatat sesuai dengan aturan yang ada dari manajemen. Hal ini agar semua sistem-sistem pengaturan dari manajemen gudang di perusahaan berjalan secara lebih tertib dan efisien.

Itulah beberapa aktivitas utama di manajemen gudang yang harus dikerjakan oleh setiap gudang sebuah perusahaan e-commerce. Biasanya aktivitas-aktivitas tersebut dikerjakan oleh tim, dan tim-tim tersebut akan mengerjakan sesuai dengan bagian tugasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *