Sedang Mencari Cara Membuat Essay Beasiswa? Wajib Perhatikan Hal Berikut Ini

Tips dan cara membuat essay beasiswa
22 Mar

Sedang Mencari Cara Membuat Essay Beasiswa? Wajib Perhatikan Hal Berikut Ini

Motivation letter punya beberapa fungsi namun surat motivasi ini lebih umum dikenal sebagai surat pengantar untuk permohonan beasiswa (essay beasiswa) bagi pelajar. Fungsi motivation letter adalah sebagai surat yang menyatakan motivasi Anda mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Oleh karena itu motivation letter harus bisa menjual diri Anda kepada si pemegang keputusan agar memberikan beasiswa tersebut jadi milik Anda. Berikut adalah elemen yang harus diperhatikan serta cara membuat essay beasasiwa agar motivation letter Anda bisa terlihat bagus dan berkualitas.

Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Etika Anda dalam berbahasa bisa menjadi gambaran yang sangat penting untuk menilai kepribadian Anda. Tentunya orang atau lembaga tidak mau memberikan beasiswa kepada pelajar yang terlihat tidak sopan karena menggunakan pemilihan kata yang tidak baku dan tidak formal. Banyaknya kesalahan penulisan misalnya salah turus huruf atau tidak menggunakan tanda baca yang benar juga bisa menjadi penunjuk bahwa orang tersebut ceroboh, tidak teliti, dan tidak punya kesabaran, bahkan cenderung mengabaikan hal-hal yang penting. Maka dari itu gunakanlah bahasa dan juga tata bahasa yang baik dan benar pada cara membuat essay beasiswa anda, jangan menggunakan singkatan, perhatikan tanda baca dan kalimat-kalimatnya. Baca kembali untuk memastikan tidak adanya kesalahan penulisan surat sebelum dikirimkan.

Format surat yang terstruktur

Motivation letter adalah surat yang singkat, tidak betele-tele, dan terstruktur sehingga pembaca bisa membaca surat Anda dengan nyaman dan menangkap dengan jelas isi dari surat yang Anda buat. Bagian yang pertama adalah perkenalan yang bisa Anda mulai dengan nama, latar belakang pendidikan, minat, bisa juga hingga bagaimana Anda bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa tersebut.

Bagian kedua adalah pengalaman terkait dengan bidang yang dilamar misalnya pernah berpartisipasi atau melakukan penelitian di bidang yang jadi minat Anda. Bagian akhir bisa diisi dengan motivasi dan jelaskan mengapa Anda adalah orang yang paling tepat untuk posisi tersebut. Jelaskan dengan percaya diri namun jangan terkesan sombong.

Menjelaskan kekurangan yang menguntungkan

Di cara membuat essay beasiswa yang terakhir juga sebaiknya dijelaskan apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan Anda. Pada bagian kekurangan cari kekurangan Anda yang bisa jadi keuntungan jika dilihat dari sisi yang berbeda. Misalnya kekurangan Anda adalah sifat yang tidak sabaran bisa dinarasikan menjadi sebuah karakter yang memiliki passion menggebu, memiliki pemikiran yang negatif bisa membuat Anda jadi karakter yang teliti, realistik, dan bisa membuat langkah-langkah untuk antisipasi, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *